![]() |
SAMAPTA POLSUSPAS LOGO |
Masa sekarang menjadi PNS / ASN merupakan impian hampir semua pencari kerja baik pria maupun wanita. Salah satu posisi yang banyak peminatnya adalah Polisi Khusus Pemasyarakatan. Selain gaji yang besar dan naik tiap tahun, seragam yang gagah seperti militer, job yang menantang karena harus selalu bersama para penjahat atau pelaku kriminal serta syarat yang cukup mudah yaitu minimal lulusan SMA / SMK sederajat.
Baca Juga: Wow! Gaji Sipir Penjara / Polsuspas 2016 + Uang Sampingan dari Napi
Baca Juga: Wow! Gaji Sipir Penjara / Polsuspas 2016 + Uang Sampingan dari Napi
Di Indonesia sendiri banyak Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pemasyarakatan yang kelebihan penghuni serta sedikitnya Petugas Pemasyarakatan yang berjaga. Sehingga diharapkan pemerintah akan merekrut pegawai baru dengan jumlah yang banyak sehingga memperbesar peluang diterima. Sampai saat ini belum ada informasi resmi kapan jadwal pendaftaran akan dibuka. Sebagai persiapan admin akan berikan info syarat-syarat menjadi sipir penjara. Lihat Juga: Foto - Foto Sipir / Polsuspas Cantik Indonesia 2016
Berikut Persyaratan Pendaftaran Polsuspas Terupdate 2018:
A. PERSYARATAN UMUM
- Warga Negara Indonesia;
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
- Memiliki Integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;
- Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai
- kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat
- sebagai Pegawai Negeri Sipil atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil;
- Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang diperlukan;
- Berkelakuan baik;
- Sehat jasmani dan rohani; dan
- Syarat lain yang ditentukan dalam persyaratan jabatan.
B. PERSYARATAN KHUSUS
- Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun per-1 Desember 2016, ditunjukkan dengan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku dan sesuai dengan yang tertera pada Ijazah;
- Bagi yang usianya lebih dari 35 (Tiga puluh lima) tahun sampai dengan 40 (empat puluh) dapat mengikuti pendaftaran dengan syarat memiliki masa kerja pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional dan masih bekerja terus-menerus sampai dengan dibukanya pendaftaran CPNS, yang dibuktikan dengan melampirkan fotocopy sah surat keputusan bukti pengangkatan pertama dan terakhir; (persyaratan khusus yang digeneralisasi dari syarat pendaftaran CPNS 2016).
- Persyaratan administrasi pelamar yakni:
- Fotokopi ijazah beserta transkrip nilai
- Pasfoto terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak empat lembar
- Fotokopi KTP,
- Surat keterangan berbadan sehat dari dokter pemerintah terbaru (asli)
- Kartu tanda pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja.
Setiap pelamar harus melakukan pendaftaran secara secara online pada situs yang dibuat khusus oleh panitia penerimaan CPNS. Alamat website pendaftaran CPNS ini akan diumumkan saat pengumuman pendaftaran sudah dibuka. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online akan mendapatkan nomor pendaftaran.
Setelah melakukan pendaftaran online, peserta wajib mengirimkan berkas pendukung dengan gambaran sebagai berikut:
- Surat Lamaran dibuat dengan tulisan tangan sendiri memakai tinta hitam ditujukan Kepada sesuai instruksi pada pengumuman.
- Fotocopy KTP yang dilegalisir pejabat berwenang;
- Foto Copy Ijazah dan transkrip nilai (masing-masing dilegalisir); Catatan : ijazah yang diakui adalah yang sah dikeluarkan dari Sekolah/Perguruan Tinggi Negeri atau dari Sekolah/Perguruan Tinggi swasta yang terakreditasi atau yang telah mendapat ijin operasional/penyelenggaraan dari DIRJEN DIKTI DEPDIKNAS, serta dilegalisir/disahkan oleh Pejabat yang berwenang;
- Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (asli);
- Pas photo terbaru ukuran 4 x 6 cm berwarna sebanyak 3 (tiga) lembar;
- Surat Keterangan Pencari Kerja dari Dinas Tenaga Kerja (kartu kuning) asli;
Selanjutnya akan dilakukan seleksi berkas dan diumumkan nama-nama yang lulus seleksi berkas ini. Bagi yang lulus seleksi berkas akan diberikan nomor ujian tes CPNS dan setelah itu siap mengikuti tes CPNS 2016 yang terdiri dari tahap tahap yaitu ataralain mengerjakan soal tes kompetensi dasar (TKD), kemudian bagi yang lulus TKD berhak mengikuti tahapan tes terakhir yaitu tes kompetensi bidang (TKB).
Perlu juga diketahui sistem penerimaan CPNS tahun 2016 ini merupakan sistem rekrutment yang baru yang mengutamakan transparansi dan kejujuran dalam proses seleksi.
Persyaratan Lengkap Pelamar CPNS Kemenkumham Tahun 2016
Sama seperti tahun-tahun sebelumnya 2013, 2014, 2015
A. Untuk Kualifikasi SLTA Sederajat/SMU/SMA
Persyaratan :
1) Warga Negara Indonesia.
2) Pria/Wanita
3) Usia, pada tanggal 1 September 2013 minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun.
4) Pendidikan : SLTA sederajat/SMU/SMA (termasuk paket C).
5) Nilai Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar SLTA sederajat/SMU/SMA (termasuk paket C) rata-rata 7,0 (khusus untuk Papua nilai rata-rata 6,5)
6) Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato.
7) Tidak sedang bekerja pada instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN.
8) Tinggi dan berat badan
a. Pria minimal 165 cm dengan berat badan proposional (khusus untuk Papua tinggi badan 160 cm dengan berat badan proposional)
b. Wanita minimal 155 cm dengan berat badan proposional (khusus untuk Papua tinggi badan 150 cm dengan berat badan proposional)
9) Diprioritaskan bagi yang memiliki sertifikat dan kemampuan mengoperasikan komputer atau keahlian khusus lainnya.
10) Berkas lamaran dimasukkan dalam Stopmap warna MERAH, diluar Stopmap tertulis :
Nama
Tempat dan Tanggal Lahir
Pendidikan
Alamat Sekarang
Nomor Telepon yang mudah dihubungi
Alamat Email
11) Berkas lamaran terdiri dari,
a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta;
b. Foto copy Ijazah / STTB dan NEM/UAS/UAN yang terakhir dan telah dilegalisir;
c. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
d. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir;
e. Foto copy Akta kelahiran / Kenal Lahir;
f. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter RS. Pemerintah/ Puskesmas;
g. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
h. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
i. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran;
j. Foto copy sertifikat komputer dan sertifikat khusus lainnya (bila ada)
k. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
l. Pas photo berwarna dasar Biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian);
12) Pelamar dapat diberikan Tanda Peserta Ujian bagi yang telah lulus seleksi administrasi, pengukuran tinggi badan dan berat badan serta verifikasi dokumen asli.
B. Untuk Kualifikasi Pendidikan Sarjana (S1)
Persyaratan :
1) Warga Negara Indonesia
2) Pria/Wanita
3) Usia, pada tanggal 1 September 2013 minimal 18 tahun dan maksimal berusia 30 tahun.
4) Pendidikan Sarjana Komputer dan Sarjana Bahasa Inggris (Sastra Inggris)
5) Perguruan Tinggi dan Program Studi Terakreditasi
6) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75
(khusus untuk Papua Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2.50)
7) Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato.
8) Tidak bekerja pada instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN.
9) Tinggi dan berat badan
a. Pria minimal 165 cm dengan berat badan proposional (khusus untuk Papua tinggi badan 160 cm dengan berat badan proposional)
b. Wanita minimal 155 cm dengan berat badan proposional (khusus untuk Papua tinggi badan 150 cm dengan berat badan proposional)
10) Berkas lamaran dimasukkan dalam Stopmap :
- Warna hijau untuk jabatan Pemeriksa Personil Keimigrasian WNA
- Warna biru untuk jabatan Pemroses Izin Status Keimigrasian
- Warna putih untuk jabatan Penelaah Berkas Status Keimigrasian
- Warna kuning untuk jabatan Pengolah Bahan Dokumentasi Keimigrasian
di luar Stopmap tertulis :
Nama
Tempat dan Tanggal Lahir
Pendidikan
Alamat Sekarang
Nomor Telepon yang mudah dihubungi
Alamat Email
10) Berkas lamaran terdiri dari :
a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta;
b. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir sesuai dengan Surat Edaran dari BKN;
c. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
d. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir;
e. Foto copy Akta kelahiran / Kenal Lahir;
f. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter RS. Pemerintah/ Puskesmas;
g. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
h. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
i. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran;
j. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
k. Pas photo berwarna dasar Biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian);
11) Pelamar dapat diberikan Tanda Peserta Ujian bagi yang telah lulus seleksi administrasi, pengukuran tinggi badan dan berat badan serta verifikasi dokumen asli.
C. Untuk Tenaga Dokter (Dokter Umum)
Persyaratan :
1) Warga Negara Indonesia
2) Pria/Wanita
3) Usia, pada tanggal 1 September 2013 minimal 18 tahun dan maksimal berusia 32 tahun.
4) Perguruan Tinggi dan Program Studi Terakreditasi
5) Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60
6) Berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato.
7) Tidak bekerja pada instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN.
8) Tinggi dan berat badan
a. Pria minimal 165 cm dengan berat badan proposional
b. Wanita minimal 155 cm dengan berat badan proposional
9) Berkas lamaran dimasukkan dalam Stopmap warna coklat, di luar Stopmap tertulis :
Nama
Tempat dan Tanggal Lahir
Pendidikan
Alamat Sekarang
Nomor Telepon yang mudah dihubungi
Alamat Email
10) Berkas lamaran terdiri dari :
a. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam di atas kertas folio bergaris dan bermaterai Rp.6000,- ditujukan Kepada Menteri Hukum dan HAM RI di Jakarta;
b. Foto copy Ijazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir sesuai dengan Surat Edaran dari BKN;
c. Foto copy Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir;
d. Foto copy Kartu Kuning/Kartu Pencari Kerja yang telah dilegalisir;
e. Foto copy Akta kelahiran / Kenal Lahir;
f. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari dokter RS. Pemerintah/ Puskesmas;
g. Surat Pernyataan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
h. Surat Pernyataan tidak bekerja dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp.6000,-;
i. Tanda bukti cetak/print registrasi pendaftaran;
j. Foto copy Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
k. Pas photo berwarna dasar Biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian);
11) Pelamar dapat diberikan Tanda Peserta Ujian bagi yang telah lulus seleksi administrasi, pengukuran tinggi badan dan berat badan serta verifikasi dokumen asli.
Sekian update informasi loker dari Mantannapi kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi sahabat semua. Salam.
kapan dibukanya pendaftran online nya pak?
ReplyDeleteKAPAN INI DI BUKANYA PAK KALAUUDAH DI BUKA TOLONG DI POST LENGKAPNYA PAK ,,, MKASIH
ReplyDeleteKapan di buka pendaftarannya pa??
ReplyDeleteMohon infonya kalau sudah di buka pendaftaran onlinnya pak...
ReplyDeleteKapan pembukaan sipir nya pak ?
ReplyDeleteapa nama web untuk pendaftaran online nya pak?
ReplyDeletetolong pak website pendaftaran nya apa dan kapan di bukanya. trmksih
ReplyDeleteKapan Ada bukaan sipir di daerah bali pak ?
ReplyDeleteKapan Ada bukaan sipir di daerah majene pak ?
ReplyDeletekapan di buka nya gan
ReplyDeleteKak kalau pakai kacamata bisa gak?
ReplyDeleteKapan pendaftaraannya di buka?
ReplyDeleteKapan buka pendaftarannya?
ReplyDeleteKapan pendaftarannya mulai d buka pak
ReplyDeletetolong infonya pak.trims
pembukaan'y sipir kapan pak mohon pencerahan donk kirim ke email ronijohan71@yahoo.co.id
ReplyDeleteYg d3 pake syarat mana ya ?tlong bntu jawab
ReplyDeleteNilai yg 7,0 itu apakah dari nilai UN sja atau di jumlahkan dngan nilai sekolah..
ReplyDeleteKapan mulai di buka tes nya? Bulan brpa klau boleh tau?
ReplyDeleteBulan brpa bukanya pak?
ReplyDeleteJadwal pendaftarannya tanggal berapa bulan apa pak?
ReplyDeletePendaftarannya tanggal berapa pak
ReplyDeleteIzin . Untuk nilai 7 itu hasil dari nilai UN saja atau ditambah raport
ReplyDeleteUntuk tamatan SMA tahun ini apa bisa mendaftar ? Soalnya ada yg bilang minimal D3 .
ReplyDeleteizin, pendaftaran nya udah di buka pak ? tanggal berapa yah ? terimakasih
ReplyDeleteMaaf ini kapan buka ya pendaftrannya??
ReplyDeleteIni kapan penbukaaannya ya
ReplyDeleteMaaaf sebelumnya ini kapan mulai bisa daftarnya ya??? Mohon konfirnya ya
ReplyDeletemohon ijin.
ReplyDeleteuntuk kepastian tanggal penerimaan kapan ya ?
Mohon infonya ya KA 089687569084
Deleteminta infonya juga sobb.. 085646476631 . tapi denger2 itu biasanya pendaftaran di buka serentak seluruh indo
DeleteKapan mulai penerimaan online nya pak
ReplyDeleteMaaf. Kpn pendaftaraanya dibuka pak. ?Trima kasih.
ReplyDeleteKpn pendaftaraan dibuka?. Trima kasih.
ReplyDeleteKapan pendaftaran di bukanya pak .. Dan nama webnya apa ya?
ReplyDeleteTerimakasih
Ini pendaftarannya kapan ya pak kepastiannya dan web resminya apa untuk pendaftaran online.
ReplyDeleteTerimakasih
Pendaftaran kapan pak...
ReplyDeleteMohon petunjuk pak. Kapan ya pendftaran onlinenya buka?
ReplyDeleteYlng informasinya pak.
Tinggi bdan minimal brp ya pak
ReplyDeletependafarannya kapan pak? mohon kejelasan bulan dan tanggalnnya di tahun 2016
ReplyDeletePembukaan nya bulan 10 ini tapi tgl nya belum tau kapan,saran saya kalo bisa sertifikat komputer jangan sampai kagak ada
ReplyDeleteKapan penerimaaannya???
ReplyDeleteMhn info jelasnya???
Di budidayakan membaca guys
ReplyDeletePakkkkk kapan info pendaftrn nya..
ReplyDeleteKapan penerimaanya pak... Mohon infonya
ReplyDeleteKapan pendaftarannya pak
ReplyDeleteMohon info nya pak
ReplyDeleteKhusus Bengkulu tenngah